Search

Pancasila jadi Topik Dalam Konfrensi Gereja Lutheran Se Asia - Heta News

Siantar, hetanews.com - Pancasila menjadi salah satu topik dalam acara konfrensi Gereja Lutheran World Federation [LWF] se Asia. Pada kesempatan ini, Prof Syafiq Mughni menyampaikan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang mempersatukan keberagaman di Indonesia.

Utusan Khusus Presiden Untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban [UKP-DKAAP], Prof Syafiq Mughni, hadir sebagai pembicara dalam konfrensi Gereja Lutheran World Federation se Asia di Hotel Sapadia, Kota Pematangsiantar, Senin (7/10/2019).

Kepada utusan 19 negara dan 55 perwakilan Gereja Lutheran se Asia yang dihadiri 149 peserta, Syafiq memaparkan bahwa Pancasila melebihi dasar negara Indonesia. Selain Pancasila, Indonesia juga memiliki satu bahasa yang mempersatukan keanekaragaman.

"Ditengah-tengah keberagaman Indonesia kita punya bahasa Indonesia yang mempersatukan, dan kita punya pancasila sebagai dasar negara, melebihi dasar bangsa indonesia. Sehingga seluruh agama-agama di Indonesia punya kehidupan yang harmonis dan damai melalui berbagai dialog dan musyawarah," paparnya.

Baca juga: Kota Siantar Menjadi Tuan Rumah Konfrensi Gereja Lutheran Se Asia

Syafiq menyampaikan, dalam menjaga keberagaman umat beragama di Indonesia, seluruh elemen tetap harus mengedepankan dialog dan musyawarah. Sehingga, kata dia, melalui musyawarah akan ditemukan jalan yang terbaik untuk menyelesaikan pelbagai persoalan yang dihadapi. 

"Perlu membangun dialog yang konstruktif dan jangan menggunakan kekerasan. Jangan bosan-bosannya bermusyawarah dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dengan pihak otoritas. Misalnya Bupati dan Walikota serta rekomendasi yang diberikan forum kerukunan antar umat beragama, supaya ditemukan jalan yang terbaik," pungkasnya

Selain itu dia menarangkan, supaya tidak ada kekerasan dan tidak ada pemaksaan, semua elemen itu harus mengawalinya dengan semangat membangun kebersamaan dan Pancasila sebagai filosopi bangsa Indonesia. 

Melalui konfrensi LWF se Asia, Syafiq berharap seluruh agama di Indonesia mampu untuk membangun kehidupan yang harmonis dan damai melalui berbagai macam dialog dan musyawarah.  "[Konfrensi LWF se Asia] semangatnya, semangat damai. Sehingga punya makna yang sangat penting bagi masyarakat asia," kata Syafiq ditemui usai acara

Baca juga: Konfrensi LWF Asia di Kota Pematangsiantar Mendorong Perdamaian Antar Umat Beragama

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
October 07, 2019 at 08:00PM
https://ift.tt/2Ov4gIH

Pancasila jadi Topik Dalam Konfrensi Gereja Lutheran Se Asia - Heta News
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pancasila jadi Topik Dalam Konfrensi Gereja Lutheran Se Asia - Heta News"

Post a Comment

Powered by Blogger.