JAKARTA, KOMPAS.com - Saat bergabung dengan kantor baru, perkenalan memang hal paling sederhana yang selalu dilakukan. Namun, tidak semua orang dapat membuka percakapan dengan baik.
Untuk memulai percakapan, perlu adanya topik yang dapat membuat percakapan hangat dan tidak kaku. 'Awkward' seringkali terjadi pada momen ini.
Sebab, ketika Anda sudah mencoba dengan keras mencari topik dan mengajak orang baru tersebut ngobrol, pasti masih ada rasa canggung di antara keduanya. Entah itu dari diri sendiri atau lawan bicara.
Baca juga: Mau Sewa Kantor Virtual di Sudirman-Thamrin, Berapa Tarifnya?
Oleh karena itu, penting mengetahui obrolan yang tepat saat baru kenal dengan orang di kantor. Apa sajakah itu? Simak pilihan obrolan berikut biar enggak bikin keki seperti dikutip dari Cermati.com.
1. Jangan Segan Membuka Obrolan dengan Pertanyaan Bas-Basi
Ketika bertemu dengan orang baru, pasti yang Anda tanyakan adalah mengenai pribadi lawan bicara. Dimulai dari menanyakan nama, tempat asal, posisi atau jabatan di kantor, dan lain sebagainya.
Pertanyaan basa-basi dapat membuat Anda tahu tentang latar belakang rekan kerja baru Anda. Jika sudah mengetahui, Anda dapat menyambungkan topik berbeda dengan menanyakan yang berada.
Misalnya, jika teman baru Anda bekerja di kantor A, berikan informasi kepadanya bahwa Anda mempunyai teman yang bekerja di kantor A juga. Hal sederhana itu dapat membuat topik pembicaraan Anda tidak kaku atau bahkan keki.
Baca juga: Tren Virtual Office, Kantornya Karyawan Zaman Now
2. Jangan Pelit Memberikan Pujian
Setelah menanyakan tentang informasi pribadi, memberikan sedikit pujian akan membuat senang rekan kerja baru Anda. Seperti contoh tadi yakni ketika teman baru Anda bercerita dia bekerja di kantor A.
Maka beri pujian dengan kantor itu sangat bagus dan yang bekerja di dalamnya adalah orang berkompeten dan pasti sangat pilihan. Di titik ini, tentu saja teman baru Anda akan merasa sangat dihargai.
3. Mengobrol Santai dengan Pertanyaan Sehari-hari
Tips berikutnya adalah mengobrol dengan pertanyaan sehari-hari seperti kesibukan di kantor, kesibukan selain di kantor, dan lain sebagainya. Bahkan, pertanyaan kecil seperti kendaraan apa yang digunakan untuk ke kantor bisa saja Anda tanyakan untuk mencairkan suasana obrolan.
4. Mengobrol dengan Humor dan ‘Ice Breaking’
Setelah sedikit lama mengobrol tentang bahasan umum, maka selipkan candaan humor sebagai media ice breaking. Terkadang, semua orang tidak suka berbicara terlalu serius dalam waktu yang sangat lama. Untuk itu, bercanda akan membuat Anda semakin akrab dengan teman baru Anda di kantor.
5. Tak Ada Salahnya Menanyakan Pertanyaan yang Membuat Berpikir
Tips selanjutnya setelah hal di atas, Anda dapat mengajukan pertanyaan dengan permasalahan-permasalahan kecil di sekitar. Seperti menanyakan bagaimana pendapat teman ketika ada di dua pilihan, di mana keduanya sangat penting, dan mengapa memilih jawaban itu.
Baca juga: Grab Tertarik Investasi Daur Ulang HP Tua atau Rusak di Indonesia
6. Mengobrol Topik Wisata? Kenapa Tidak
Jika berbicara wisata, seakan tidak ada habisnya. Perbincangan Anda dapat diselipi dengan topik wisata. Seperti pernah atau tidak mengunjungi tempat A, memberikan informasi yang menarik tentang tempat A, dan lain sebagainya.
Hal ini akan menjadi sangat menarik ketika teman baru yang Anda ajak bicara senang dan paham tentang wisata yang Anda bahas. Dengan begitu, Anda dapat bertukar pikiran dan menambah informasi tentang wisata-wisata yang menarik baik dari tempat, suasana, akses perjalanan, dan harga tempat wisata.
7. Cari Tahu Kesamaan Hobi dan Bicarakan
Selain wisata, hobi juga merupakan hal yang tidak habis untuk dibicarakan. Sebuah hobi menggambarkan tentang kepribadian dan juga penggambaran masa depan.
Ajak teman kerja baru Anda berbicara mengenai hobi, cari kesamaan dengan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengembangkan pembicaraan Anda.
Baca juga: Merebak Virus Corona, Harga Saham Perusahaan Vaksin Ini Melonjak
8. Memberikan Obrolan dengan Menyelipkan Topik Pilihan
Setelah Anda lebih dekat dengan teman baru dapat bertanya tentang kenapa Anda memilih hal tersebut, alasan yang akan dijawab dapat membuka wawasan jika sebelumnya Anda belum mengetahuinya. Hal ini akan kembawa dampak positif bagi Anda dan teman baru.
9. Sesekali Membahas Topik Serius akan Menyenangkan
Membahas topik serius dapat dilakukan dengan cara berdiskusi khusus mengenai suatu hal. Tips ini biasanya digunakan oleh orang yang bekerja dikantor untuk menjalin kerjasama, atau yang lainnya.
Pengenalan cukup sederhana saja, kemudian mulailah obrolan dengan topik serius langsung yang Anda inginkan. Pembahasan dengan berdiskusi dan bertukar pikiran dapat membuat Anda banyak mendapatkan informasi dan wawasan dari teman baru Anda.
Baca juga: Sri Mulyani Minta Prabowo Efisien Kelola Anggaran Rp 127 Triliun
10. Santai Saja, Iringi Obrolan dengan Gestur Tubuh
Obrolan dengan gestur tubuh adalah sebuah ekspresi pengungkap perasaan. Gestur tubuh dan mimik wajah dapat mewakili ekspresi Anda ketika menanggapi apa yang telah dibicarakan teman baru Anda.
Gunakan gestur dan mimik yang ceria dan meyakinkan sehingga orang yang melihatnya akan terkena energi positif juga. Namun, jangan mengekspresikan terlalu berlebihan sehingga memunculkan kesan yang tidak terlalu menyenangkan.
Lakukan Obrolan dengan akhir yang menyenangkan terasa kaku memang seringkali terjadi ketika bertemu orang-orang yang baru dikenal.
Pahami beberapa tips di atas dan terapkan dengan baik agar kesan Anda dalam berkenalan dengan orang baru tidak terlalu kaku dan kebingungan akan topik yang akan dibicarakan. Lakukan obrolan Anda sebaik mungkin dan berakhir dengan menyenangkan.
Baca juga: Simak Trik Mudah Mengerjakan Soal Tes SKD CPNS
"topik" - Google Berita
January 26, 2020 at 05:00PM
https://ift.tt/30UEJN9
Baru Kenal, Pilih Obrolan ini Biar Suasana Cair di Kantor - Kompas.com - KOMPAS.com
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Baru Kenal, Pilih Obrolan ini Biar Suasana Cair di Kantor - Kompas.com - KOMPAS.com"
Post a Comment