Search

Pelajar Berdaya Jadi Topik Bahasan Rakerda IPM Ini - pwmu Dakwah Islam Berkemajuan

Pasang Iklan Murah
Ketua Umum PD IPM Situbondo Ahmad Samsul. (Nur Hasanah/PWMU.CO)

PWMU.CO-Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Situbondo menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Masjid Al Jihad Kompleks Pusat Dakwah Muhammadiyah Situbondo, Ahad (5/1/2020).

Rakerda yang bertema memupuk stabilitas kerja, mendorong etos, mencipta pelajar berdaya merupakan program pertama setelah terbentuknya pimpinan baru periode 2019-2021.

Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Ranting (PR) IPM dan Pimpinan Cabang (PC IPM) se-Situbondo dengan perwakilan 5 orang dari masing masing pimpinan.

Ketua Umum PD IPM Situbondo Ahmad Samsul dalam pidato iftitahnya menyampaikan, IPM merupakan pusat pergerakan pelajar yang diharapkan mampu merealisasikan hasilnya melalui pergerakan pelajar.

“IPM memiliki peran yang sangat penting dan menjadi garda terdepan dalam pembangunan kader yang nantinya meneruskan perjuangan persyarikatan,” ujarnya. 

Menyitir buku Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi, Samsul menyampaikan, sebuah kalimat penting. “Di buku itu mengajarkan, selama kita menjadi manusia, maka kita adalah merdeka dan yang harus kita angkat dan dukung adalah kepentingan orang-orang lemah,” kata siswa kelas XII IPS SMAM 1 Panji ini.

Dari sinilah, lanjutnya, diputuskan tema gerakan PD IPM Kabupaten Situbondo selama satu periode adalah Pelajar Berdaya. “Pengusungan tema itu penggabungan dua makna yang sama-sama memiliki presisi yang tinggi pada basis pelajar,” tegasnya.

Kata pertama, sambungnya, adalah pelajar. “Pelajar adalah orang yang masih menuntut ilmu. Ilmu yang dimiliki harus lebih segar sehingga menjadi penentu untuk bersaing,” jelas pria yang juga santri Panti Asuhan Tunas Melati Kapongan ini.

Kata kedua, ujarnya, adalah berdaya. “Maknanya mampu atau memiliki kekuatan yang besar untuk menjadi seorang pendobrak atau yang kita kenal dengan sebutan agent of change,” terangnya.

Menurut dia, intinya adalah pelajar mampu menjadi seperti yang dicita-citakan oleh Ki Hajar Dewantara. “Jangan termakan stigma. Buktikan bahwa pelajar adalah benteng pertahanan utama,” paparnya.

Di akhir pidatonya, dia mengajak semua peserta untuk meneriakkan yel-yel dengan suara kencang untuk memacu semangat mengikuti acara ini.

IPM….Jaya

IPM….Jaya

IPM Situbondo….Menciptakan pelajar berdaya.

Penulis Nur Hasanah Editor Sugeng Purwanto

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
January 06, 2020 at 11:49AM
https://ift.tt/39LPDsW

Pelajar Berdaya Jadi Topik Bahasan Rakerda IPM Ini - pwmu Dakwah Islam Berkemajuan
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelajar Berdaya Jadi Topik Bahasan Rakerda IPM Ini - pwmu Dakwah Islam Berkemajuan"

Post a Comment

Powered by Blogger.