Search

Netizen Ribut Soal Anies Hancurkan Jakarta - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Akibat banjir Jakarta, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ramai dibicarakan netizen dalam beberapa hari terakhir. Hari ini tagar #4niesHancurkanJakarta menggema dan menjadi tagar terpopuler di Twitter sejak siang ini.

Tagar ini diramaikan oleh kedua kubu yang menyerang dan membela Anies. Meski tagar ini memang digunakan untuk menyerang Anies, namun mereka yang membela Anies ikut meramaikan tagar ini untuk ikut menyisipkan pembelaan mereka terhadap Gubernur DKI itu, seperti dicuitkan @albylifes.



Namun pembicaraan tentang Anies terkait penanganan banjir Jakarta sebenarnya sudah berlangsung sejak kemarin. Banyak netizen yang membandingkan kerja Anies dengan era Ahok alias Basuki Tjahja Purnama terkait penanganan banjir.

Akun @Herlina_ogie menyindir kalau Gubernur Anies hanya banyak berbicara namun tak banyak bertindak.



Senada dengan Herlina, akun @DeaCantik90 juga menyebut kalau Anies hanya sibuk menyusun kata-kata.

Netizen juga mengingat janji Anies soal program naturalisasi sungai yang hasilnya akan terlihat pada akhir 2019. Ternyata, warga Jakarta terkena banjir besar setelah hujan dengan intensitas ekstrim 377 mm/hari.

Akun yang kerap nyinyir terhadap pemerintah @Dennysiregar7 mempertanyakan kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang memangkas anggaran naturalisasi sungai. Anggaran yang lebih besar malah digunakan untuk hal lain seperti trotoar dan formula E. Hal inilah yang digadang-gadang ikut memperparah kejadian banjir Jakarta.



Netizen lain mengutip pernyataan yang sering diungkap Anies untuk lebih banyak berdialog.

Banyak netizen yang membandingkan banjir Jakarta di era Ahok dengan Anies.

Isu kalau Anies hanya pandai beretorika akhirnya menghembuskan seruan untuk memecat Anies.

Serangan terhadap Anies tidak hanya lewat adu pendapat di dunia maya. Sebagian malah membuat petisi untuk melengserkan Anies di Change.org. petisi ini kini sudah ditandatangani oleh lebih dari 200 ribu pengguna.

Di sisi lain, akun @Jean_Aprilia97 membagikan tangkapan gambar kalau topik populer soal Lengserkan Anies ikut didongkrak oleh buzzer dengan teknik give away alias hadiah gratis. Ini adalah akun yang kerap menjanjikan hadiah pulsa jika para pengikutnya mencuitkan tagar atau topik yang mereka sarankan.

Anies tinjau warga yang terimbas banjir Jakarta. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)

Dengan trik ini, biasanya membantu mendongkrak topik tertentu jadi populer di Twitter. Cara ini terbukti ampuh mendorong popularitas topik Lengserkan Anies kemarin. Namun, ternyata sebagian pendukung tagar itu bukanlah warga Jakarta. Mereka ikut menghembuskan tagar itu untuk mendapat hadiah.

Para pendukung Anies juga tak kalah keras membela Gubernur mereka. Sebagian beralasan kalau yang banjir bukan hanya di Jakarta dan mempertanyakan mengapa hanya Anies yang dipojokkan.



Sebagian netizen juga menyebut bahwa sungai yang melintasi dua provinsi seperti Ciliwung bukan jadi tanggung jawab Pemda DKI saja. Tapi jadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Sebagian netizen juga membawa-bawa Jokowi terkait penanganan banjir. Kebanyakan mereka menyindir pemberitaan Jokowi yang disebut akan lebih mudah menangani banjir Jakarta jika jadi Presiden. Nyatanya saat ini Jokowi sudah menjadi Presiden dan banjir tetap terjadi.

Mereka juga mengutip pemberitaan ketika Jokowi menyebut masalah banjir Jakarta adalah kewenangan pemerintah pusat.



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 43 orang tewas hingga Jumat (3/1) pukul 09.00 WIB akibat banjir yang menerjang wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, jadi wilayah terdampak banjir dengan jumlah korban terbanyak mencapai 16 orang. Disusul oleh Kabupaten Lebak (8), Jakarta Timur (7), Kota Depok (3), Kota Bekasi (3).

Sementara banjir di daerah lain seperti Jakarta Pusat, Barat, Kota Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bekasi masing-masing memakan satu korban tewas.

[Gambas:Video CNN] (eks)

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
January 03, 2020 at 04:02PM
https://ift.tt/37uWpRz

Netizen Ribut Soal Anies Hancurkan Jakarta - CNN Indonesia
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Netizen Ribut Soal Anies Hancurkan Jakarta - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.