Search

Isu Lingkungan Topik Rakernas, PDIP Sindir Banjir Jakarta - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengusung isu kerusakan lingkungan sebagai tema utama rapat kerja nasional (rakernas) yang digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta pada 10-12 Desember mendatang.

Saat menjelaskan itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyindir soal banjir di Jakarta. Menurutnya, banjir yang terjadi cenderung parah karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memiliki perencanaan dan mitigasi yang matang.

"Karena itu lah ketika terjadi banjir di Jakarta dan kita melihat aspek-aspek perencanaannya tidak proper, ini adalah ibu kota negara kita dan kemudian kami mengambil inisiatif sesuai dengan arahan Ibu Megawati Sokarnoputri agar Rakernas menaruh perhatian terhadap hal tersebut," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).


Hasto mengatakan isu terkait lingkungan hidup mengandung urgensi untuk dibahas. Tentu guna menyikapi berbagai kerusakan yang terjadi belakangan ini.

Kerusakan itu berdampak luas sehingga menyebabkan bencana yang merugikan masyarakat. Misalnya berupa banjir dan tanah longsor di pelbagai wilayah belakangan ini.

Hasto menyatakan PDIP akan mengundang pihak BMKG, BNPB, BNPP, dan ahli lingkungan untuk membahas persoalan tersebut. Rakernas nanti bisa saja menghasilkan Deklarasi Lingkungan oleh PDIP.

Deklarasi itu, kata dia, harus dijalankan okeh kepala daerah ataupun pejabat pemerintahan dari PDIP di seluruh Indonesia. Harus pula dijadikan landasan dalam mengeluarkan kebijakan agar berorientasi pada kelestarian lingkungan.

"Dengan adanya konsepsi terhadap kebijakan pemerintah yang mengintegrasikan upaya komprehensif untuk merawat lingkungan nanti juga terbuka bagi publik termasuk daerah-daerah yang bukan dari PDIP nanti bisa menerapkan ilmu yang diusung dari PDIP tersebut," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Selain soal isu lingkungan, Hasto berkeinginan menghadirkan industri berbasis riset dan inovasi agar masuk dalam rencana Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal itu penting untuk membangun kesejahteraan negara secara komprehensif tanpa menghilangkan identitas bangsa.

"Hal-hal strategis terkait dengan haluan negara melalui kebijakan strategi yang dijalankan dengan semangat berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari," kata Hasto.

Tak hanya itu, Hasto juga menyatakan PDIP ingin menghidupkan kembali jalur rempah di Indonesia. Hasto meyakini kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia bisa mendongkrak perekonomian nasional ke depannya.

Sementara itu, Wakil Bendahara Umum DPP PDIP Rudianto Tjen memastikan gelaran Rakernas tersebut mengandalkan pendanaan dari kader dan tidak meminta sumbangan dari pihak luar. Ia mengatakan dana Rakernas itu hanya berasal dari pendanaan gotong royong seluruh kader.

"Untuk itu sekali lagi saya ingin sampaikan, kita tidak melakukan pengumpulan dana. Jadi, semua kader kita sudah diinstruksikan kita semua menggunakan kas partai yang dilakukan pemungutan gaji setiap bulan, baik anggota legislatif maupun eksekutif PDI Perjuangan," jelas Rudianto.

(rzr/bmw)

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
January 09, 2020 at 05:30AM
https://ift.tt/2s2T3Gq

Isu Lingkungan Topik Rakernas, PDIP Sindir Banjir Jakarta - CNN Indonesia
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Isu Lingkungan Topik Rakernas, PDIP Sindir Banjir Jakarta - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.