Search

Jokowi Bawa Topik Infrastruktur Indo-Pasifik di KTT ASEAN Ke-35 Bangkok - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK - Bersama sejumlah pimpinan negara ASEAN lainnya, Presiden Jokowi bakal menghadiri pleno KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, Thailand.

Jokowi sendiri saat ini, Sabtu (2/11/2019) tengah dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandara Dong Mueang, Bangkok.

Rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pukul 09.35 WIB. Diperkirakan tiba di Bangkok pukul 13.00 waktu setempat.

‎Selama pleno KTT ASEAN ke-35, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pantauan Tribunnews.com sejumlah menteri sudah hadir mendahului Jokowi sejak kemarin seperti Menkopolhukam Mahfud MD hingga Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Baca: Lawatan Pertama ke Luar Negeri, Jokowi Hadiri KTT ASEAN Ke-35 di Bangkok

Dalam KTT ASEAN ke-35 ini Jokowi berencana membahas mengenai pembangunan infrastruktur berkaitan dengan konsep Indo-Pacific.

Sejumlah pertemuan yang bakal diikuti nantinya, diharapkan bisa meningkatkan konektivitas negara-negara anggota ASEAN.

"Diharapkan dengan konektivitas yang baiik maka data saing dari produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif," ungkap Jokowi, Jumat (1/11/2019) di Istana Negara, Jakarta.

Jokowi menekankan KTT ASEAN ke-35 sangat penting terlebih kini kondisi dunia semakin tidak mudah diprediksi.

"Dulu posisi dunia pada keadaan normal lebih gampang dikalkulasi, gampang diprediksi. Sekarang ini semua negara mengalami kesulitan memprediksi, kesulitan mengkalkulasi kebijakan yang akan diputuskan. Semua negara merasakan iitu, kita bicara kongkrit, lebih jelas yang ada dihadapan kita, saya kira itu tadi, Indo-Pacific," ‎tambah Jokowi.

Terpisah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga mengamini di KTT ASEAN ke-35 nanti, Indonesia akan mengkongkritkan soal Indo-Pacific.

"Nanti kami akan kongkritkan itu. Momentumnya ada, mitra kerja sama ada. Jadi memang sekarang harus segera ‎diimplementasikan karena ini punya banyak manfaat bagi perekonomian," tambah Retno Marsudi saat ditemui di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

Malam harinya, Jokowi diagendakan mengikuti Gala Dinner bersama para pemimpin negara hingga pertemuan bilateral dengan Sekjen ASEAN.

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
November 02, 2019 at 09:48AM
https://ift.tt/32d6Q9H

Jokowi Bawa Topik Infrastruktur Indo-Pasifik di KTT ASEAN Ke-35 Bangkok - Tribunnews
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Bawa Topik Infrastruktur Indo-Pasifik di KTT ASEAN Ke-35 Bangkok - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.