Search

Bingung Judul Skripsi? 6 Cara Ini Ampuh Temukan Topik Sesuai Minatmu - IDN Times Bali

Siapa di antara kamu yang lagi memasuki semester akhir? Inilah masa di mana mahasiswa sedang berjuang untuk memikirkan topik penelitian dan judul skripsi. Pengambilan topik penelitian ini tidak boleh asal-asalan. Sebab skripsi ini menjadi bagian syarat mahasiswa biar lulus.

Kamu masih bingung mencari cari topik dan judul skripsi? Nih ada enam cara untuk mencari topik dan judul skripsi. Biar kamu gak depresi berkepanjangan:

1. Pelajari dulu dirimu sendiri. Selama 5-6 semester ini kamu lebih tertarik di bagian apa. Baru setelah itu banyak-banyak baca jurnal terkini untuk mencari topik

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galaupexels/pixabay

Pertama pelajari dulu dirimu sendiri. Selama kuliah 5-6 semester ini, topik mana yang menarik perhatianmu. Keingintahuan yang lebih ini harus didukung dengan memaksakan diri untuk membaca penelitian terkini, biar bisa mendapatkan ide permasalahan yang belum atau akan diselesaikan.

Kamu bisa membaca jurnal di laman Google Scholar, Research Gate, Scopus, dan situs penyedia naskah jurnal bereputasi. Melalui membaca, perlahan kamu akan tahu ketertarikanmu terhadap topik penelitian. Kamu juga bisa menemukan inspirasi judul di jurnal tersebut.

2. Gak usah cari yang terlalu jauh. Coba perhatikan di sekeliling kamu. Apakah ada permasalahan yang menarik untuk diselesaikan?

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galauminingandenergy.ca

Tak perlu jauh mencari. Kadang inspirasi bisa datang dari sekitar kaum. Bagi yang suka jalan-jalan atau mengobrol dengan masyarakat, cara ini bisa juga menjadi jalan untuk mendapatkan topik skripsi. Bisa jadi topiknya pernah dibahas namun beda lokasi. Jadi bisa sebagai bahan pertimbangan judul skripsi.

3. Diskusi dengan calon dosen pembimbing yang mendukung minat penelitianmu

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galaupexels.com/rawpixel

Dosen pembimbing merupakan aspek yang sangat penting dalam penyelesaian skripsi. Pastikan sejak awal, kamu sudah mengutarakan minatmu agar mendapatkan dosen yang tepat untuk mendukung usulan penelitianmu. Siapa tahu dosen bisa memantumu.

Jika dirasa tertarik bisa disetujui, jika bertentangan coba diskusikan lagi. Terkadang dosen punya proyek atau penelitian yang sedang berjalan. Dari situlah ada peluang untuk mendapatkan topik dan judul penelitian yang diharapkan.

4. Diskusi dengan senior tentang penelitian yang pernah mereka buat. Cobalah cari peluang untuk melanjutkan penelitianny

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galaupexels/startup-stock-photos

Senior atau kakak tingkat bisa menjadi inspirasi topik skripsi, lho. Caranya, kamu ke perpustakaan dan melihat dokumen penelitian kakak tingkat. Jika menemukan topik yang menarik, coba hubungi dan mintalah berdiskusi dengannya. Bisa jadi senior ada yang belum selesai melakukan penelitian, dan itu bisa dilanjutkan sama kamu.

5. Jika punya beberapa opsi, coba pilah lagi. Memilih topik yang tepat akan mengurangi tingkat stresmu

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galaupexels.com/startup-stock-photos

Kalau terlalu banyak berdiskusi, coba cari waktu untuk berpikir sendiri. Tujuannya untuk memilah ide yang sesuai dengan minat dan keingintahuan tinggi. Sebab, jika topik dan judul saja sudah tidak membuat bersemangat, perjalanan penelitianmu juga akan diliputi oleh beban.

6. Hindari terlalu perfeksionis. Carilah ide yang sederhana tapi berguna

6 Tips Menemukan Topik dan Judul Skripsi, Biar Gak Galaupexels/energepic.com

Ada satu kendala yang umum terjaadi. Yaitu terlalu perfeksionis. Boleh sih. Apalagi jika kamu mampu melakukannya. Tapi saran nih: itu juga bisa membuang-buang waktumu. Lebih baik, mulailah dengan ide sederhana tapi berguna. Jika ide itu sederhana dan berguna, pelan-pelan kamu akan berkembang dalam menyusun skripsi. Sebab taruhanmu ada di waktu dan nyawa. Iya gak?

Itu dia tips mencari topik dan judul skripsi. Semoga perjalanan kamu menyusun skripsi selalu berjalan lancar ya. Kalau ada kendala, semoga bisa ada jalan dan dilancarkan. Semangat para pejuang skripsi!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Vita Ayu Kusuma Dewi di IDN Times Community dengan judul Bingung Judul Skripsi? 6 Cara Ini Ampuh Temukan Topik Sesuai Minatmu

Baca Juga: 9 Cara Kilat Biar Skripsimu Selesai dalam 1 Semester

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
December 26, 2019 at 02:10PM
https://ift.tt/2MuNGqG

Bingung Judul Skripsi? 6 Cara Ini Ampuh Temukan Topik Sesuai Minatmu - IDN Times Bali
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bingung Judul Skripsi? 6 Cara Ini Ampuh Temukan Topik Sesuai Minatmu - IDN Times Bali"

Post a Comment

Powered by Blogger.