Search

2 Mantan Tenaga Ahli Istana Luncurkan Buku "Cerita dari Sudut Istana" - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua mantan Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden ( KSP), Jojo Raharjo dan Alois Wisnuhardana meluncurkan buku "Cerita Dari Sudut Istana, Kisah Tentang Peristiwa dan Berita yang Menghiasi Panggung Media", Kamis (12/12/2019).

Kedua penulis merangkum catatan tentang bagaimana mengelola pemberitaan atas berbagai peristiwa dan isu yang terjadi di Indonesia.

"Mengapa kami merasa perlu menerbitkan buku ini? Karena terlalu banyak pembelajaran yang berharga, yang jika tidak ditulis atau didokumentasikan akan menguap sia-sia, " ujar Jojo usai peluncuran buku di Wisma Antara, Jl Medan Merdeka Selatan.

Baca juga: KSP Anggap Langkah Jokowi Rekrut Milenial demi Wujudkan Terobosan

Dia menuturkan, pemilihan judul berdasarkan mayoritas isi buku yang lebih banyak bercerita tentang bagaimana sebuah peristiwa di Istana Kepresidenan diolah dan didistribusikan.

"Selama kurang lebih empat tahun terakhir, kami diberi tanggung jawab mengelola pemberitaan atas substansi yang dikerjakan oleh Kantor Staf Presiden terkait program strategis dan program prioritas nasional selama pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla, " lanjut Jojo.

Sementara itu menurut Alois Wisnuhardana, mengatakan topik-topik yang dibahas dalam buku terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini dipilih dari ribuan peristiwa, kegiatan dan program pemerintah.

"Dengan pertimbangan, topik-topik itu memiliki dimensi lebih kompleks daripada sekedar pekerjaan kehumasan. Ada kesulitan yang harus dipecahkan, ada yang memiliki dampak jangka panjang, ada yang membutuhkan koordinasi rumit dan sebagainya," tutur dia.

Topik yang diangkat dalam buku ini sangat beragam mulai dari masalah tenaga kerja asing, utang luar negeri, Asian Games, imunisasi, pencegahan stunting, sampai dengan ancaman krisis ekonomi.

Seluruh topik yang ada dirangkum dalam 17 bab.

Baca juga: Ahok dan Dirut Pertamina Temui Jokowi di Istana

Alois menuturkan, topik-topik ini telah dikelola dan diolah dengan bijaksana dan hati-hati oleh pihak lstana Kepresidenan, sehingga dapat diantisipasi dan akhirnya disajikan kepada khalayak sebagai narasi positif.

Buku ini tidak berpretensi untuk mengisahkan secara utuh dan lengkap apa saja yang terjadi di dalam Istana Kepresidenan dan segala aktivitas dan dinamika di dalamnya. Kami menyusunnya sebagai suatu cerita, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi publik yang selama ini banyak berurusan dengan media, komunikasi, kehumasan, dengan segala dinamika dan tantangannya,” tambah Alois.

Let's block ads! (Why?)



"topik" - Google Berita
December 12, 2019 at 12:04PM
https://ift.tt/2PdgmpX

2 Mantan Tenaga Ahli Istana Luncurkan Buku "Cerita dari Sudut Istana" - Kompas.com - Nasional Kompas.com
"topik" - Google Berita
https://ift.tt/2kT8cXu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "2 Mantan Tenaga Ahli Istana Luncurkan Buku "Cerita dari Sudut Istana" - Kompas.com - Nasional Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.